Jumat, 26 November 2010

HARGA MEMORY DDR 3 MULAI TURUN

Pada suatu komputer dibutuhkan memory, dan memiliki type memory yang berbeda-beda. Diantaranya pada zaman dahulu masih menggunakan type memory SDRAM, kemudian DDR1 lalu DDR2, lalu yang terbaru menggunakan DDR3. Dan semakin terbaru type memory, maka semakin cepat pula performanya.

Pada waktu dahulu, ketika memory type DDR 2 sedang populer, dan harganya juga lebih murah. Jika dibandingkan memory DDR1 yang kian melonjak harganya, hal ini lantaran memory DDR 1 sudah semakin langka barangnya. Kejadian tersebut juga kembali dihadapkan pada memory DDR 2 sekarang, ketika DDR 3 sudah kian populer, dan harganya semakin turun. Sedangkan memory DDR 2 harganya semakin naik saja.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi, hal ini disebabkan harga chip untuk DDR 3 sedang turun, sehingga membuat ongkos produksi DDR 2 semakin mahal saat ini. Dapat diambil contoh: memory DDR 2 -800 1 GB per chip memiliki rata-rata per chip masih $1.64 sedangkan DDR3-1333 hanya $1.62 saja. Sebelumnya harga memory DDR 3-1333 sempat menyentuh $2.9 per chip pada akhir mei. Dan kemudian pada bulan juli turun $2.5 dan kian menurun ketika akhir bulan Agustus menjadi $2.36. hal tersebut tidak hanya berhenti menurun begitu saja, pada pertengahan bulan september $2.1 dan 3 minggu setelah itu terpangkas $0.37 per chip.


Sumber:

http://obengware.com/news/index.php?id=6727

Tidak ada komentar:

Posting Komentar