Sabtu, 04 Desember 2010

BEBERAPA BOCORAN TENTANG AKAN HADIRNYA WINDOWS 8

Microsoft memang tak ada henti-hentinya memanjakan para konsumennya. Dan kembali merajai pasar dari Sistem Operasi. Ketika beberapa tahun yang lalu sukses dengan OS windows XP, microsoft mengeluarkan versi terbaru yaitu windows vista. Pada windows vista memang tidak sesukses windows xp. Pada vista cukup mengecewakan konsumen, hal ini dikarenakan membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup kuat, sehingga tampak agak berat dalam menjalankan aplikasinya bagi kebanyakan konsumen. Setelah itu microsoft kembali memutarbalikkan otak, yaitu dengan menciptakan sebuah OS dengan fitur yang lebih banyak, security yang lebih baik, dan tentu saja telah dioptimalkan agar spesifikasi yang dibutuhkan lebih ringan daripada windows vista. Dan langkah peluncuran windows 7 ini cukup sukses sampai sekarang. Windows 7 dikenal memiliki fitur yang mumpuni, dengan fitur aero yang terkenal memudahkan pengguna, selain itu pada windows 7 sudah menggunakan teknologi directx terbaru yaitu directx 11. Dan yang cukup membuat aman pengguna, adalah fitur security dari windows 7 yang cukup aman dari berbagai serangan yang ada di internet.

Setelah suksesnya windows 7, Microsoft kembali akan mengeluarkan windows terbaru yaitu windows 8. Walaupun microsoft belum mengungkapkan secara pasti akan kehadiran windows 8 tersebut. namun sudah banyak terdapat banyak bocoran dari beberapa pegawainya. Alasan tidak ingin mengkomentari hal tersebut , adalah akibat ketraumaan microsoft akan peluncuran windows vista yang dinilai tidak memuaskan. Salah satu fiturnya secara umum dapat dilihat pada coretan gambar berikut ini:



Sudah ada pegawai microsoft yang membocorkan melalui blog mereka, sehingga sampai-sampai saat ini postingan blog tersebut telah dihapus. Pegawai tersebut mengatakan bahwa windows 8 memang benar-benar berbeda, mengalami revolusi pada pengoperasian komputer yang cukup banyak.terdapat proyek-proyek penelitian yang sudah menyebar di seluruh dunia. Setidaknya terdapat empat proyek dari microsoft yang menarik untuk masa depan, yaitu:

  • Sistem Operasi Barrelfish

Diklaim dapat berjalan pada semua hardware, hal ini dikarenakan terletak pada multikernel, yang dapat berjalan pada beberapa procesor sekaligus dan juga bekerja sama dengan prosesor lainnya seperti GPU dari VGA Card. Dan masih banyak kelebihan dari Barrelfish ini, beberapa detailnya Dapat dilihat pada gambar berikut:



  • Singularity OS

pada teknologi ini memungkin sistem operasi memiliki sistem anti crash. Tidak mengenal lagi istilah blue screen, sebab singularity dapat mengatasi hal tersebut karena sistem dapat dipisahkan oleh software dengan proses yang sedang berjalan dan tidak dapat mengakses hardware. Beberapa detail lebih lanjut dapat dilihat pada gambar berikut ini:



  • Browser Gazelle

Pada teknologi berikut ini, dapat membuat sistem operasi terlindungi dari serangan internet. Hal ini didukung dengan adanya IE 10 pada windows 8 nanti.Gazelle tidak hanya melihat macam-macam bahasa program, tapi juga dari sumbernya. Dan selain itu juga menjalankan javascript dari sebuah web terpercaya (misalnya: www.chip.co.id )secara normal. Namun bila script code di-Load dari sumber di luar website chip, maka Gazelle akan menjalankan dalam proses yang terpisah dan juga dengan hak akses yang terbatas.pada windows 8 ini hanya akan menyediakan OS versi 64 bit, namun software 32 bit tetap dapat berjalan dengan baik. Untuk beberapa detail dapat dilihat pada gambar berikut:



  • Package ManagementCoApp

Pada teknologi ini memungkinkan tidak ada lagi masalah pada software. Beberapa problem dengan software yang terinstal memang telah menjadi beberapa masalah yang terkadang muncul. Dan kemungkinan pada teknologi ini sudah hampir mirip dengan software open source pada Linux. Sehingga pengguna akan dapat menikmati banyak program open source dalam versi terbaru ini.

Dapat disimpulkan bahwa dengan akan hadirnya windows 8 tersebut, komponen hardware yang kita punya dapat dioptimalkan performanya.

Sumber:

http://chip.co.id/articles/featured/2010/12/03/coretan-pertama-untuk-windows-8/











Tidak ada komentar:

Posting Komentar